Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Membuat Cat Tembok Berkualitas Tinggi 100% Berhasil

Dfixed.com - 5+ Cara Membuat Cat Tembok Berkualitas Tinggi 100% Berhasil. Apakah saat ini Anda ingin membuat tampilan bangunan lebih cantik? Maka cat tembok adalah solusinya. Bangunan lama pastilah akan tampak baru hanya dengan melakukan pengecatan ulang saja. Jadi memang tidak heran jika cat menjadi salah satu keperluan finishing bangunan yang sangat vital. Selain itu ada beragam jenis cat yang diperuntukkan untuk tujuan yang berbeda-beda juga. Untuk bahan kimia pembuatan cat tembok ini tidak terlalu berbahaya jika kita disiplin dalam pembuatannya.

5-cara-membuat-cat-tembok berkualitas-tinggi-100-berhasil

Misalnya saja ada cat tembok khusus dalam ruangan, ada cat tembok luar ruangan, ada cat tembok anti air, dan banyak jenis cat tembok lainnya. Bukan hanya dapat dijumpai di toko, cat tembok ini pun juga dapat Anda buat sendiri. Kita tahu bahwa cat tembok ini memang mempunyai harga yang cukup menguras kantong.


Ditambah lagi jika Anda menginginkan cat tembok yang berkualitas dengan bahan sederhana. Ada juga cara buat cat tembok mengkilap, cara membuat cat waterproof sendiri, cara membuat cat dari lem fox atau cara membuat cat tembok acrylic yang bisa sobat cek sendiri di internet. Jadi bagi Anda yang ingin melakukan sedikit penghematan, maka Anda bisa membuat cat tembok Anda sendiri. Apakah bisa? Bagaimana cara membuat cat tembok berkualitas tinggi yang dimaksud? Berikut penjabarannya.


Cara Membuat Cat Tembok Dengan Bahan Sederhana 

Cat tembok yang tidak luntur pastilah akan menjadi prioritas dalam pembuatan cat. Cat yang tidak luntur pun akan membuktikan jika kualitas cat tersebut cukup baik. Untuk membuat cat yang baik, maka kita pastinya perlu mengetahui cara membuat cat tembok dengan bahan sederhana tahan lama dan yang baik pula. 

Untuk pembuatannya, cara membuat cat tembok ini perlu perhatian khusus di beberapa bidang. Cara membuat cat tembok exterior dan interior sebenarnya mirip, hanya saja berbeda bahan baku yang nantinya akan dipakai. Cara membuat cat tembok berkualitas tinggi ini sebenarnya dapat kita lakukan sendiri di rumah yaitu dengan cara membuat cat tembok oplosan. Cara inipun digunakan untuk meningkatkan kualitas cat tembok tanpa harus membuang banyak uang. Bahan yang diperlukan:

- Wadah bertutup atau bisa juga ember atau semacamnya sebanyak 2 buah

- Pengaduk

- Cat anti air 1 kg

- Cat tembok 5 kg

- Plamir 1 kg

- Air 2 L


Cara Membuat Cat Tembok Berkualitas Tinggi

1. Cara membuat cat tembok berkualitas tinggi pertama yaitu tuang cat anti air ke dalam wadah.

2. Kemudian lakukan penambahan cat tembok dengan cara perlahan sambil dilakukan pengadukan supaya nanti cat dapat tercampur sempurna.

3. Lalu tutup wadah dengan rapat.

4. Selanjutnya buat campuran plamur dengan air dan aduk sampai campuran mempunyai tekstur yang kental.

5. Jika ingin dipakai, maka cukup tuangkan campuran cat dan campuran plamir tadi dengan perbandingan cat dibanding plamir 2:1. Lakukanlah pengadukan sampai merata sebelum nanti digunakan untuk mengecat.

6. Jika ingin memberikan warna yang kuat, maka dalam hal ini Anda bisa menambahkan pewarna pada cat tembok Anda. Nama pewarna cat tembok tersebut memang tidak spesifik, namun Anda bisa temukan di pasaran dengan mudah. Pewarna tersebut mempunyai jenis tinta pigmen yang memberikan warna menawan saat digunakan. 

7. Untuk warna-warna yang cantik dan berbeda, maka Anda bisa melakukan pencampuran warna dengan perbandingan tertentu. Disini Anda bisa mencari perpaduan warna yang tepat dengan perbandingan warna dasar tertentu.


Mengapa Cat Tembok Tidak Menghasilkan Kualitas Tinggi?

Jika misalnya Anda ingin mengganti cat tembok di salah satu ruangan, maka tidak ada salahnya jika Anda melakukannya sendiri bersama keluarga di akhir minggu misalnya. Namun sekalipun pekerjaan ini diserahkan kepada tukang, namun ada baiknya kamu mengetahui teknik mengecat yang baik sehingga Anda nantinya bisa mengawasi tukang yang bekerja.

Dengan mengetahui teknik ini memang penting supaya hasil pengecatan tidak ada cacatnya. Lalu apa sebenarnya penyebab cat tembok ini tidak bisa berkualitas tinggi? 

1. Masalah foaming/busa

Pembentukan busa dan adanya mata ikan ketika gelembung pecah pada lapisan film pada saat proses pengecatan dan pengeringan. Hal ini bisa disebabkan karena masalah pengadukan yang kurang sempurna, penggunaan cat berkualitas rendah atau cat berbasis air yang sudah lama, pemakaian roll dan kuas yang sudah lama, pengaplikasian dengan memakai roll terlalu cepat, pengaplikasian cat warna satin atau mengkilap di atas permukaan berpori.

Sehingga untuk menghindari ini adalah hindari penggunaan roll atau kuas yang tidak sesuai atau sudah dipakai berulang kali. Aplikasikan cat yang mengkilap dengan memakai roll yang pendek. Pertama, lapisi permukaan berpori menggunakan cat dasar yang tepat lalu kemudian diamplas terlebih dahulu bagian yang bermasalah sebelum melakukan pengecatan ulang.

2. Masalah kilap memudar

Warna kilap cat pun akan memudar dan tidak berkualitas tinga bisa juga disebabkan pengecatan dilakukan pada kondisi yang sangat lembab, cat terlalu tebal sehingga menimbulkan kerut dan memudarkan warna kilap, kesalahan dalam pemilihan tiner. Sehingga untuk mengatasinya adalah amplas permukaan dinding terlebih dahulu. Lakukan pengecatan ulang dengan cara menghindari kondisi-kondisi di atas.

3. Masalah jamur

Tahukah Anda jika munculnya jamur ini bisa seperti berbentuk bintik-bintik berwarna hitam, abu-abu, atau coklat. Biasanya jamur terbentuk pada area yang lembab, ventilasi kurang, atau sedikit menerima sinar matahari, jamur yang sudah ada sebelumnya tidak dibersihkan sebelum pengecatan.

Sehingga untuk mengatasinya maka silahkan lakukan tes untuk membedakan jamur atau lumut dari kotoran dengan cara memakai beberapa larutan pemutih.


Penutup

Seperti itulah cara membuat cat tembok berkualitas tinggi beserta dengan bahan baku apa yang diperuntukkan untuk pembuatan cat tembok. Sebenarnya tidak ada salahnya melakukan pengoplosan cat untuk Anda gunakan sendiri. Bukan hanya menghemat, cara ini juga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kualitas cat dengan mudah. 

Posting Komentar untuk "5+ Cara Membuat Cat Tembok Berkualitas Tinggi 100% Berhasil"