Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Cara Mengecat Triplek Dengan Cat Tembok Hasil Mengkilap 100% Berhasil

Dfixed.com - 3+ Cara Mengecat Triplek Dengan Cat Tembok Hasil Mengkilap 100% Berhasil. Salah satu kunci supaya tempat tinggal atau rumah rapi, bersih dan terkesan luas adalah adalah saat pemilihan warna cat. Sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang beranggapan, bahwa memilih cat triplek tanpa dempul adalah salah satu hal tidak penting. 

3-cara-mengecat-triplek-dengan-cat-tembok-hasil-mengkilap-100-berhasil

Apalagi bagi anda yang membuat ruangan dari triplek, sangat perlu memperhatikan masalah warna cat. Paling tidak anda bisa memilih warna cat tembok untuk triplek yang terang atau tidak gelap. Untuk itu sedikit akan saya jelaskan tentang cara mengecat triplek dengan kuas terbukti dengan hasil yang memuaskan.


Ketika anda tetap masih bingung harus memilih warna terbaik dan cocok, ada satu langkah yang bisa dilakukan. Untuk satu langkah tersebut adalah mencari referensi warna di beberapa halaman internet.  Ada beberapa poin cara membuat cat untuk triplek agar mengkilap dengan mudah melalui artikel ini.


Sudah dipastikan di dalam halaman internet, akan diberikan banyak pilihan warna. Pada saat anda sudah cocok bisa langsung saja membeli cat pada toko bangunan atau cat terdekat. Ada banyak jenis cat untuk triplek yang bisa sobat temui, simak selengkapnya di bawah ini.


Anda sangat disarankan untuk memilih warna putih supaya terlihat natural dan bersih. Pada kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas mengenai beberapa cara mengecat triplek dengan cat tembok dengan mudah untuk pemula dengan menciptakan warna yang menakjubkan. Bagi anda yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 


Cara Mengecat Triplek Dengan Cat Tembok Untuk Pemula

Belum banyak dari kalangan masyarakat yang mengerti, bahwa mengecat triplek bisa dengan menggunakan cat tembok. Akan tetapi, untuk anda yang menggunakan cat tembok perlu mempersiapkan beberapa cara terlebih dahulu. Ada 3 cara mengecat triplek dengan cat tembok yang bisa digunakan oleh kalangan masyarakat. Untuk 3 langkah yang harus dilakukan adalah: 


1. Amplas Pada Bagian Triplek Terlebih Dahulu 

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah melakukan amplas pada semua bagian triplek terlebih dahulu. Pada saat anda melakukan amplas pada bagian triplek mempunyai berbagai tujuan. 

Salah satu tujuan melakukan amplas dibagian triplek adalah memastikan bahwa barang tersebut sudah rata atau halus. Sehingga, ketika melakukan pengecatan tidak muncul benjolan. 

Benjolan yang ada triplek bisa memberikan nilai estetika yang berkurang. Lakukan amplas triplek sampai dengan bagian sela-sela supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan. 

Apabila terdapat benjolan pada bagian triplek, akan lebih baiknya anda lakukan amplas sampai dengan merata. Selain itu, ketika triplek terdapat keretakan bisa menambal terlebih dahulu. 

Setelah permukaan triplek sudah halus dan tidak ada benjolan bisa melanjutkan ke proses atau cara selanjutnya. Paling terpentingnya adalah anda harus sabar pada saat proses mengamplas bagian triplek. 


2. Mempersiapkan Semua Peralatan Cat 

Penyebab triplek tidak memberikan hasil kurang memuaskan, karena tidak menggunakan peralatan cat yang sesuai. Memang banyak sekali macam-macam peralatan cat yang bisa dipilih oleh kalangan masyarakat. 

Akan tetapi, anda harus memilih peralatan cat yang sesuai dengan ketentuan dan ukuran. Sehingga, dengan hal tersebut bisa memberikan hasil tampilan yang lebih rapi dan memuaskan. 

Selain itu, anda juga bisa memilih roller yang kondisi bulunya benar-benar halus. Dengan kondisi roller tersebut, bisa memberikan hasil yang lebih halus di bagian triplek tersebut. 

Bagi anda yang ingin menggunakan roller pada saat proses cat triplek, akan lebih baiknya untuk mencuci terlebih dahulu. Dengan hal tersebut juga sebagai alat untuk menghindari penyebab roller terkena debu.

Dengan cara tersebut bisa memberikan hasil akhir pada bagian triplek secara memuaskan. Lebih menariknya dengan memilih roller bisa mempercepat proses pengecatan triplek. 


3. Melakukan Teknik Cat Secara Zig Zag 

Cara mengecat triplek dengan cat tembok yang paling akhir adalah dengan menggunakan teknik zig zag. Tanpa disadari dengan menggunakan cara tersebut bisa menutup beberapa bagian triplek yang belum rata. 

Supaya memberikan hasil yang lebih memuaskan lagi, anda bisa melapisi cat triplek sampai 3 kal. Pada saat ingin melapisi cat pada triplek juga masih tetap menggunakan teknik zig zag. 

Pada saat menggunakan cara tersebut, justru bisa memberikan hasil pewarnaan triplek lebih pekat lagi. Selain itu, dengan cara melapisi cat teknik zig zag bisa lebih terang dan lebih awet. 

Sehingga, anda tidak perlu bolak balik harus melakukan cat pada bagian triplek. Alternatif lain bisa anda lakukan adalah memilih warna cat tembok yang hampir sama dengan dinding. 

Satu hal yang perlu diingat adalah jangan melakukan pengulangan cat secara terburu-buru. Pada saat anda melakukan cat secara terburu-buru justru memberikan hasil yang tidak memuaskan. 

Lakukan pengecatan ketika anda benar-benar mempunyai banyak waktu luang. Sehingga, anda juga tidak merasa tergesa-gesa ketika harus melakukan pengulangan cat triplek. 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa mengecat triplek adalah bukan menjadi satu hal mudah. Artinya, anda harus memperhatikan beberapa cara terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan hasil secara memuaskan. 

Akan tetapi, di era seperti sekarang untuk permasalahan tersebut tidak terlalu krusial. Pada saat anda masih bingung bisa langsung saja membuka beberapa halaman internet yang memberikan informasi tersebut. 

Jangan sampai anda salah pemilihan warna cat tembok yang salah. Pemilihan warna yang salah bisa membuat hasil akhir yang tidak memuaskan dan sesuai dengan keinginan. 


Akhir Kata

Tidak ada salahnya juga anda menggunakan 3 cara mengecat triplek dengan cat tembok yang sudah disebutkan diatas. Sudah banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan cara tersebut berhasil dan bisa memberikan hasil secara memuaskan. 

Itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai 3 cara mengecat triplek dengan cat tembok. Semoga dengan penjelasan diatas tidak ada lagi kalangan masyarakat yang kebingungan ketika ingin melakukan cat triplek dengan jenis cat tembok. 


Posting Komentar untuk "3+ Cara Mengecat Triplek Dengan Cat Tembok Hasil Mengkilap 100% Berhasil"