Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Mengelupas Cat Tembok dengan Bahan Alami Terbukti Ampuh

Dfixed.com - 5+ Cara Mengelupas Cat Tembok dengan Bahan Alami Terbukti Ampuh. Cat tembok adalah sebuah bagian penting dari sebuah rumah. Pastinya rumah akan terlihat cantik dan enak dipandang mata, jika memakai cat tembok yang bagus. Cat tembok yang sudah lama pastinya akan membuat rumah terlihat lebih kusam. Oleh sebab itu, sebagian orang banyak yang mengganti cat tembok rumah miliknya setiap beberapa tahun sekali.

5- cara-mengelupas-cat-tembok-dengan-bahan-alami-terbukti-ampuh

Banyak faktor yang juga bisa menjadi alasan seseorang, mengganti cat tembok rumah lama dengan cat tembok baru. Biasanya alasan tersebut dilakukan karena terjadi permasalahan yang berhubungan dengan tembok rumah. Salah satunya yang paling sering terjadi yaitu karena cat sudah mengelupas. Jika masalahnya seperti ini, adakah cara mengelupas cat tembok dengan bahan alami yang bisa dilakukan? Berikut penjelasannya.


Alat dan Bahan yang Dibutuhkan untuk Mengelupas Cat Tembok

Pertanyaannya adalah apakah cara mengelupas cat tembok manual dengan bahan alami? Tahukah Anda bahwa untuk masalah yang satu ini biasanya disebabkan karena tembok yang akan di cat menggunakan acian yang memiliki kualitas kurang bagus. Sehingga cat dapat mengelupas dengan sendirinya.

Sebelum mengganti cat tembok lama dengan cat tembok baru, maka langkah pertama yaitu dengan mengelupas cat tembok lama. Untuk dapat melakukan pekerjaan ini, ada beberapa alat yang harus dibutuhkan terlebih dahulu, supaya nanti proses pengelupasan cat tembok lama dapat berjalan dengan mudah dan cepat. Cara mengelupas cat tembok dengan bahan alami bisa dengan menggunakan peralatan dan bahan seperti:

- Kuas cat kecil.

- Cairan thinner.

- Sarung tangan dengan ukuran yang disesuaikan.

- Sekrap tangan.

- Lap kain kering.

- Masker mulut.

- Kacamata jika diperlukan.

- Paint remover.

- Soda Api.


Apa Penyebab Cat Tembok Mudah Mengelupas?

Pertanyaannya adalah lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab cat tembok ini mengelupas? Diantaranya bisa karena:

1. Pengapuran

Bisa saja terjadi karena pengapuran dimana ini terjadi karena cat yang digunakan tidak mempunyai ketahanan terhadap cuaca dan sinar matahari. Kesalahan ini pun bisa juga karena kekeliruan penggunaan cat interior yang seharusnya digunakan untuk cat eksterior.

2. Penggumpalan

Tahukah Anda bahwa penggumpalan bisa saja terjadi karena nilai alkalinitas yang terlalu tinggi. hal ini akan terjadi pada saat proses pengecatan mulai bereaksi yang kemudian membuat hasil cat tidak maksimal.

Dalam hal ini Anda dapat mengatasinya dengan mengupas cat lama, kemudian dinding yang menggumpal dibersihkan dari debu, lalu kemudian menggunakan cat yang memakai alkali killer. Setelah itu barulah Anda dapat melakukan pengecatan ulang.


Cara Mengelupas Cat Tembok Lama dengan Bahan Alami

Jika nanti semua alat dan bahan telah disiapkan untuk melakukan pengelupasan cat tembok lama, saatnya untuk melakukan beberapa cara mengelupas cat tembok dengan berbagai cara dan trik yang bisa dicoba ini. 

1. Cara Menggunakan Paint Remover

Cara mengelupas cat tembok dengan bahan alami yang pertama yaitu dengan menggunakan cairan paint remover. Untuk cara menggunakan paint remover cukup ampuh oleh sebagian orang dan untuk cara membuat paint remover sendiri juga mudah. Jadi pertama pilihlah jenis paint remover yang memiliki kualitas yang bagus supaya nanti proses pengelupasan dapat dilakukan dengan cepat.

- Pertama oleskan cairan paint remover ke tembok yang akan dikupas dengan tangan yang sudah dibalut dengan sarung tangan.

- Kemudian pengolesan cairan paint remover akan mengakibatkan timbulnya gelembung pada tembok, hal ini membuktikan jika cat tembok telah siap dikupas menggunakan sekrap.

- Setelah proses sekrap selesai, silakan oleskan air ke tembok lalu bersihkan.

- Supaya nanti lebih halus, amplas cat tembok yang sudah kering.

- Terakhir bersihkan tembok yang telah selesai di amplas dari paparan debu dan kotoran yang terlihat pada tembok dengan lap kain kering.

2. Menggunakan Cairan Thinner pada Tembok

Cara mengelupas cat tembok dengan bahan alami juga bisa dengan thinner yang mana akan dilakukan pengelupasan. Untuk menggunakan cara ini pun sederhana yaitu dengan mengaplikasikan cairan ke tembok yang akan dikupas. 

Kemudian lakukan proses pengamplasan pada tembok yang nantinya akan dikupas. Langkah terakhir silahkan bersihkan semua kotoran serta debu yang menempel pada tembok yang masih tersisa.

 3. Cara Mengelupas Cat Tembok Dengan Soda Api

Selain cara mengelupas cat tembok dengan bahan alami dengan menggunakan cairan paint remover dan thinner, maka selanjutnya cara mengelupas cat tembok dengan soda api dengan mudah. Caranya pun sederhana saja namun mempunyai resiko yang panas jika terkena kulit manusia. Maka dari itu, jika misalnya ingin menggunakan cara yang satu ini, maka harus berhati-hati dan siapkan standar keamanan yang benar dan sesuai.

4. Menggosokan Permukaan Dinding dengan Gerinda

Cara mengelupas cat tembok dengan bahan alami lainnya yang bisa dilakukan untuk mengelupas cat tembok lama yaitu dengan menggosokan permukaan dinding dengan bantuan alat gerinda. Cara ini dinilai dapat mengangkat cat tembok lama secara ampuh serta akan bersih. Alat gerinda juga ini pun dinilai begitu mudah didapatkan dan dibeli di toko material terdekat. Dengan menggunakan cara yang satu ini dijamin pasti akan mudah dan praktis.

5. Menggunakan Amplas untuk Dinding Gypsum

Cukup bersihkan dinding menggunakan sabun dan air panas. Supaya nanti dinding siap di amplas, terlebih dahulu campurlah sabun dan air panas di dalam ember. Kemudian nanti, celupkan kain ke dalam ember dan cuci dindingnya. 


Penutup

Bagaimana? Sederhana saja bukan. beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas, nyatanya memang sudah terbukti ampuh sehingga bisa langsung Anda coba.

Posting Komentar untuk "5+ Cara Mengelupas Cat Tembok dengan Bahan Alami Terbukti Ampuh"