Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah Membersihkan Keramik Bekas Cat 100% Berhasil

Dfixed.com - 5 Cara Mudah Membersihkan Keramik Bekas Cat 100% Berhasil. Penampilan lantai yang banyak dipenuhi oleh bekas cat tembok memang kelihatannya jorok sekali bukan. Lantai ini seakan-akan kehilangan pesonanya. Sehingga dalam hal ini Anda harus membersihkannya dengan tuntas supaya nanti lantai tersebut akan terlihat indah dan menarik kembali. 

5-cara-mudah-membersihkan-keramik-bekas-cat-100-berhasil

Namun pertanyaannya adalah bagaimana cara menghilangkan cat tembok di lantai dengan cepat? Atau supaya hasilnya bisa bersih maksimal? Maka Anda tentunya menginginkan penampilan lantai yang benar-benar bersih seperti baru lagi, bukan? Nyatanya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin lantai tersebut bisa bersih kembali.


Apakah cara mudah membersihkan keramik bekas cat dengan cepat membutuhkan banyak peralatan? Tentu saja tidak. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas cat di lantai tanpa harus meninggalkan bekas goresan? 


Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, maka disarankan untuk sebelum mengecat dinding rumah, sebaiknya menutupi permukaan lantai dengan koran bekas atau plastik untuk menghindari tumpahan cat. Akan tetapi jika misalnya cat sudah terlanjur mengotori permukaan lantai, maka mau tidak mau Anda harus membersihkannya. Berikut beberapa penjelasannya.


Alat - Alat Untuk Menghilangkan Cat Tembok di Lantai

Tahukah Anda bahwa jika ingin menghilangkan tumpahan cat tembok yang ada di lantai, Anda pun harus menyiapkan beberapa peralatan penting. Peralatan inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk bisa menghilangkan noda bekas cat tembok yang ada di permukaan lantai lantai, salah satunya bisa dengan memanfaatkan produk pembersih kloset. 

Ya produk pembersih kloset faktanya sangat efektif menghapus noda cat dinding di lantai. Namun apabila noda catnya cukup tebal, maka mau tidak mau Anda pun harus mengikisnya terlebih dulu dengan cara memakai ampelas halus ataupun kape. Untuk beberapa alat yang akan diperlukan, bisa seperti:

- Pembersih kloset

- Sikat gigi

- Sikat besar

- Ampelas halus/kape

- Sapu

- Kain lap


Cara Menghilangkan Bekas Cat di Lantai Keramik

Supaya penampilannya lebih menarik, maka dinding rumah memang sudah seharusnya diwarnai dengan memakai cat tembok. Rumah pun perlu warna untuk membuat pesonanya semakin hidup serta menawan. Dalam hal ini Anda dapat mengecat rumah dengan warna yang sesuai selera. 

Walaupun sebenarnya proses mengecat rumah itu sebenarnya mudah dilakukan, namun Anda harus berhati-hati supaya hasilnya bagus ataupun tak mengotori lantai di bawahnya. Sebab memang cat tembok jika misalnya sudah terlanjur tumpah di lantai ini maka akan sangat susah untuk dihilangkan. Lalu seperti apa cara menghilangkan cat tembok di lantai dengan cepat? Berikut penjabarannya.


1. Menggunakan Paint Remover

Salah satu cara menghilangkan bekas cat di lantai yang paling efektif yaitu dengan memanfaatkan paint remover. Paint remover merupakan sebuah cairan kimia penghapus cat yang bisa menghilangkan noda cat pada permukaan benda.

Tentunya ada banyak jenis paint remover yang dijual di pasaran, dimana biasanya dibedakan berdasarkan tingkat agresivitasnya. Untuk bisa menghilangkan bekas cat di lantai, maka ada baiknya menggunakan varian dengan agresivitas yang rendah agar tidak merusak glazur keramik. Berikut cara mengaplikasikannya:

- Pastikan sirkulasi udara ruangan itu sudah terbuka dengan baik

- Pakailah sarung tangan karet.

- Basahi kuas dengan cairan paint remover

- Lalu aplikasikan pada permukaan lantai yang terkena cat

- Diamkan selama 2-3 menit

- Kemudian angkat menggunakan kape

- lalu bersihkan permukaan lantai dengan lap basah


2. Menggunakan Thinner

Cara menghilangkan cat tembok di lantai dengan cepat lainnya selain menggunakan paint remover, yaitu dengan menggunakan thinner untuk menghilangkan bekas cat pada lantai. Ini adalah cairan yang berfungsi untuk menipiskan cat dan fungsinya bisa dibilang mirip dengan paint remover. Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya?

- Pastikan jika ada sirkulasi udara ruangan terbuka dengan baik

- Pakailah sarung tangan karet.

- Basahi lap dengan thinner

- Kemudian gosokkan pada permukaan lantai yang terkena cat secara perlahan

- Bilas lantai dengan air bersih


3. Menggunakan Kape

Cara menghilangkan cat tembok di lantai dengan cepat memang tidak selalu harus menggunakan cairan kimia, namun juga bisa menggunakan kape. Kape merupakan sebuah alat dengan bentuk menyerupai spatula yang banyak dijual di toko bangunan. Akan tetapi, dalam penggunaannya, Anda perlu sedikit berhati-hati supaya nanti lantai tidak tergores. Berikut cara mengaplikasikan kape:

- Peganglah gagang kape dengan sudut 45 derajat atau jangan menekan terlalu keras

- Kemudian angkat cat yang menempel pada permukaan lantai

- Bersihkan cat yang terangkat menggunakan lap basah atau kain pel


4. Menggunakan Amplas

Apakah membersihkan bekas cat di lantai bisa memakai ampas? Tentu saja bisa, namun dalam hal ini Anda harus berhati-hati. Sebab jika nanti salah memilih jenis amplas dan memakainya sembarangan, maka nanti lantai bisa tergores. Agar lantai tidak tergores, pilihlah amplas dengan grade halus dan ikuti cara menghilangkan cat tembok di lantai dengan cepat berikut ini:

- Pertama basahi lantai yang terkena cat dengan air

- Kemudian gosok perlahan menggunakan amplas

- Terakhir silahkan bersihkan lantai dengan lap basah atau kain pel


5. Memakai Sikat Gigi

Jika misalnya Anda takut menggunakan amplas, maka sikat gigi pun bisa jadi alternatif terbaik untuk membersihkan noda cat di lantai. Cara menghilangkan cat tembok di lantai dengan cepat yang satu terbilang mirip dengan menggunakan amplas, tapi Anda memerlukan kesabaran jika menggunakan gosok gigi. Caranya yaitu dengan:

- Pertama silahkan basahi permukaan lantai untuk melunakkan noda cat

- Kemudian gosok lantai dengan lap kering 

- Lanjutkan menggosok dengan sikat gigi sampai noda cat hilang secara menyeluruh


Penutup

Bagaimana? Sederhana bukan? jika Anda mengalami situasi ini, maka bisa langsung mempraktekkannya. Demikianlah tadi ulasan mengenai cara mudah membersihkan keramik bekas cat dengan mudah dan pastinya berhasil. Semoga bermanfaat yaa.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah Membersihkan Keramik Bekas Cat 100% Berhasil"