Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memperbaiki Mixer Tidak Bisa Berputar Dijamin Berhasil

Dfixed.com - 5 Cara Memperbaiki Mixer Tidak Bisa Berputar Dijamin Berhasil. Mixer adalah salah satu alat masak yang banyak dibutuhkan guna mencampur dan mengaduk bahan makanan. Apalagi, untuk Anda yang suka membuat kue tidak bisa dijauhkan dengan alat mixer tersebut. 

5-cara-memperbaiki-mixer-tidak-bisa-berputar-dijamin-berhasil

Saat ini mixer bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan hadia, karena mempunyai sifat secara multifungsi. Pergerakan pada mixer ini dipengaruhi dengan pergerakan motor dan energi listrik. Tidak hanya itu saja, untuk prinsip kerja dari mixer adalah melakukan perubahan energi listrik menjadi gerak. Energi listrik yang dialirkan melalui motor mixer ini berfungsi sebagai alat untuk menggerakan roda gerigi yang nantinya akan mengaduk semua adonan bahan makanan tersebut. 


Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai perihal cara memperbaiki mixer tidak bisa berputar yang bisa kita tangani sendiri di rumah. Sedangkan, untuk Anda yang sering menggunakan mixer bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. Semoga penjelasan mengenai cara memperbaiki mixer miyako yang tidak bisa berputar, cara memperbaiki mixer philips tidak berputar, cara memperbaiki mixer maspion dan masih banyak lagi bisa anda terapkan dengan gampang.


Penyebab Mixer Tidak Bisa Berputar 

Untuk masalah mixer tidak tidak bisa berputar ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Bahkan, setiap penyebabnya mempunyai cara penanganan secara berbeda-beda. Maka dari itu, untuk kumpulan penyebab dan cara memperbaiki mixer yang tidak mau berputar simak secara lengkap di bawah ini: 


1. Gir Mengalami macet 

Ketika terjadi macet pada bagian komponen gir, maka kemungkinan besar menjadi salah satu penyebab alat elektronik tersebut tidak bisa berputar sesuai dengan fungsinya. Permasalahan kali ini bisa juga berupa adanya getaran yang membuat putaran mixer tersebut menjadi terhambat. Beberapa langkah yang harus dilakukan pada gir macet pada mixer adalah: 

Mengoleskan minyak atau lubricant pada komponen gir mixer tersebut. Pastikan juga sisa minyak tersebut tidak menyentuh pada bagian motor atau komponen yang lain. 

Melakukan pemeriksaan pada bagian komponen mixer yang longgar. Lakukan pengecekan pada beberapa komponen yang longgar tersebut. 


2. Sekring Motor Mixer Mengalami Kendala 

Pada saat komponen gir sudah diberikan minyak, tapi mixer tetap tidak bisa bekerja ada kemungkinan besar bermasalah pada bagian sekring motornya. Beberapa langkah yang harus diselesaikan pada masalah kali ini adalah melakukan pengujian pada bagian sekring dengan menggunakan multitester probe. Di saat proses pengujian tidak memunculkan arus listrik, maka sekring tersebut harus diganti dengan yang baru. 


3. Mixer Memunculkan Percikan Bunga Api 

Masalah selanjutnya yang sering terjadi adalah muncul percikan bunga api. Tentunya, untuk masalah yang satu ini sangat berbahaya dan harus sesegera mungkin dilakukan perbaikan. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah: 

- Melakukan pemeriksaan pada sikat motor. Bersihkan juga pada bagian lamel komutator dengan baik. 

- Melakukan pemeriksaan kondisi sikat pada mixer tersebut. Ketika sikat sudah terlalu pendek, maka sesegera mungkin untuk melakukan pergantian supaya mixer bisa berfungsi secara baik. 


4. Mengeluarkan Dengungan Pada Saat Menggunakan Mixer

Bunyi dengung pada mixer ini juga sering terjadi. Untuk permasalahan kali ini masih bisa diatasi secara mudah atau tidak krusial. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melakukan pergantian pada bagian as rotor yang sudah pecah. 


5. Motor Mixer Berputar Namun Pengaduk Adonan Tidak Berputar 

Masalah yang paling akhir adalah motor mixer berputar, namun tungkai pengaduknya tidak ikut berputar. Untuk masalah yang satu ini bisa terjadi, karena gigi kopel sedang terhubung dengan komponen gigi lainnya. Cara atau langkah yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pergantian dengan baru. 


Akhir Kata

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara memperbaiki mixer tidak bisa berputar dengan mudah dan pastinya berhasil Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa menambah informasi untuk Anda yang sering menggunakan mixer. 

Posting Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Mixer Tidak Bisa Berputar Dijamin Berhasil"