Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Printer Epson PLQ 20 Tidak Bisa Ngeprint 100% Ampuh

Dfixed.com - Cara Mengatasi Printer Epson PLQ 20 Tidak Bisa Ngeprint 100% Ampuh. Sebagai bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk mencetak sebuah dokumen, printer adalah alat yang sering gunakan untuk mencetak. Ada kalanya printer biasanya lancar saat print dokumen, tiba-tiba printer tidak bisa print sama sekali. Untuk mengatasi error printer yang tidak bisa print, kita harus cek terlebih dahulu apakah masalah yang menyebabkan printer tidak bisa print.

cara-mengatasi-printer-epson-plq-20-tidak-bisa-ngeprint-100-ampuh

Pada ulasan berikut ini akan menjelaskan beberapa cara mengatasi printer Epson Plq tidak bisa Ngeprint yang disebabkan oleh masalah pada sistem komputer tempat printer tersebut terpasang. Untuk mengetahui penyebab printer tidak bisa mengeprint yaitu dengan melihat lampu indikator melakukan self print test dan ganti kabel. 


Penyebab Printer Epson PLQ 20 Tidak Bisa Ngeprint

Ada beberapa alasan mengapa printer tidak dapat mencetak, yaitu sebagai berikut:

1. Printer tidak dapat mencetak karena printer sedang offline

Sebuah printer biasanya terhubung ke CPU komputer menggunakan port USB.  Jadi langkah pertama adalah memeriksa sekitar port USB.  Jika komputer tidak dapat berkomunikasi dengan printer, status printer akan offline.

Cara pertama yang bisa kita lakukan saat Printer Offline adalah dengan menghilangkan centang Use Printer Offline. Jika cara ini masih tidak berhasil, atau printer kembali offline, kemungkinan ada masalah pada sistem komunikasi antara printer dan komputer. beberapa masalah yang bisa menyebabkan Printer Offline yaitu :

- Masalah Port USB

Cara termudah untuk memperbaiki printer offline adalah dengan mencabut kabel USB printer dan memasukkannya kembali ke port USB lain.  Tunggu beberapa saat atau refresh di device manager sampai komputer mendeteksi printer.  Biasanya printer baru yang terdeteksi akan memiliki tambahan nama copy1

- Masalah dengan kabel USB.

Printer tidak mau print, bisa jadi karena kabel USB yang digunakan sudah jelek atau terlalu panjang, jadi ada baiknya juga untuk mencoba menggantinya dengan kabel printer yang baru.


2. Printer tidak dapat mencetak karena masalah Antrean Cetak

Kejadian ini sering dikeluhkan oleh teman-teman dimana printer yang sedang digunakan tiba-tiba seperti hang dan tidak bisa print.  Saat dilihat di jendela print queue, menunjukkan antrian dokumen yang ingin dicetak namun printer tidak merespon.  Solusi yang paling tidak bermasalah adalah restart komputer.

namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi printer yang tidak bisa print karena masalah antrian print ini, yaitu sebagai berikut :

- Menghapus dokumen dengan transmisi

Cara pertama adalah mencoba menghapus antrian transmisi dokumen di jendela antrian cetak.

- Hapus file di folder C:WINDOWS\system32\spool\PRINTERS

Jika cara pertama tidak berhasil, maka kita harus menghapus dokumen dari folder spool di folder WindowsSystem32.  Untuk melakukan hal tersebut tentunya akun yang kita gunakan harus memiliki hak Administrator.


3. Printer tidak dapat mencetak karena masalah driver

Terkadang printer tidak bisa mencetak karena driver yang corrupt, cara mengatasinya adalah dengan mengistal ulang driver printer tersebut. Tidak mudah untuk mengetahui apakah printer tidak mencetak karena masalah komuter dekaden.

Penulis pernah mengalami printer yang hanya bisa mencetak setengah halaman, atau muncul karakter aneh pada hasil impresi, dan setelah driver di uninstall & di instal ulang printer, print normal kembali.


Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi printer epson Plq yang tidak bisa Ngeprint karena masalah pada bagian sistem komputer. Semoga artikel ini membantu anda terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Printer Epson PLQ 20 Tidak Bisa Ngeprint 100% Ampuh"