Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Printer Epson LX 310 Tidak Bisa Ngeprint Pasti Berhasil

Dfixed.com - Cara Memperbaiki Printer Epson LX 310 Tidak Bisa Ngeprint Pasti Berhasil. Printer EPSON LX-310 adalah printer yang paling popular untuk aktivitas cetak/print dokumen di kantor. Karena aktivitas print yang tinggi, kadang kala banyak muncul masalah. Paling sering masalah terjadi akibat printer Lx-300 (hard ware) tidak terhubung dengan sistem operasi (soft ware) Windows yang berakibat tidak bisa ngeprint.

cara-memperbaiki-printer-epson-lx-310-tidak-bisa-ngeprint-pasti-berhasil

Hal seperti itu pernah saya alami beberapa kali di kantor. Seperti biasa saya memulai hari pagi ini saat rekan kerja saya memanggil saya untuk meminta bantuan. Kali ini problem munul terkait printer EPSON LX-310 yang terhubung dengan sistem oeprasi Windows 10 yang tidak bisa ngeprint alias gagal mencetak dokumen.

Saat menghadapi masalah sistem operasi windows tidak terhubung ke printer dan berakibat gagal cetak dokumen, berikut adalah beberapa langkah pemecahan masalah umum yang akan saya ambil:

Pastikan perangkat lunak driver sudah terinstal pada sistem operasi windows dengan cara cek status Printer READY pada Control Panel/Device and printer. Setelah cek sistem, baru periksa instalasi kabel apakah sudah benar terkoneksi atau belum. 

Cara ceknya adalah saat printer dinyalakan dan kabel USB printer terpasang sempurna maka printer langsung bereaksi dengan gerakan. Cek instalasi driver dengan melihat posisi tanda CENTANG, jika silang berarti belum sempurna.

Pengguna alias user wajib paham penyebab umum printer LX-300 bermasalah. Pertama kali pastikan apakah komputer sudah update sistem operasi windows terbaru atau belum. Sistem operasi windows sendiri seringkali perlu perlu update sistem. 


Penyebab Dan Cara Mengatasi Printer LX 310 Tidak Bisa Ngeprint

Tidak semua printer bisa cetak dokumen. Beberapa tipe seperti Epson LQ-300, +II, 310, LX-300, LX-300+ii, LQ2180, 2190, 730K tidak bisa terkoneksi langsung dengan sistem operasi windows. Perlu setting ulang dengan cara menghapus update windows tersebut. Seri Windows yang perlu dihapus yaitu windows 7, windows 8, dan windows 10.

Caranya cukup mudah yaitu masuk ke Control Panel, pilih Program and Features kemudian sorot bagian View instaled updates lanjut klik. Pilih seri update dan uninstall. Kemudian sesuaikan sistem operasi komputer yang terdeteksi kemudian masuk ke “Security Updates for Microsoft Windows”, klik kanan lanjut uninstall.

Setelah selesai proses uninstall lanjutkan dengan restart komputer dan coba cek dan lakukan print out lagi sampai bisa. Jika sistem operasi selallu update otomatis, matikan update otomatis karena bisa jadi mengganggu saat printer sudah bisa jalan normal sedangkan sistem operasi minta update terus, dan saat Anda mengalami hal yang sama, coba restart ulang sampai permasalahanmu cepat selesai. Setidaknya setelah melakukan proses tersebut saya berhasil menjalankan sistem operasi windows 7 yang sebelumnya windows XP.


Masalah Yang Sering Timbul Pada Printer Epson LX 310

Berikut beberapa masalah yang terkadang kita temui pada printer Epson Lx 300,  LX 310, dan seri yang lainnya. Rangkuman beberapa langkah pemecahan masalah yang berhasil diselesaikan, simak dibwah ini :

• Printer dan sistem operasi windows tidak terhubung – solusi dengan cara menghapus dan menginstal ulang driver printer (biasanya berfungsi kembali dengan normal setelah dilakukan berulang kali).

• Restart komputer – ini berfungsi sebagian besar waktu, namun tak lama kemudian balik error lagi. Dan jika ini terjadi lakukan langkah berikutnya dibawah ini.

• Mencabut kabel USB printer (di komputer) – mencabut kabel USB printer di bagian belakang computer biasanya berfungsi kembali setelah dikembalikan seperti sedia kala.

• Mencabut kabel printer USB (pada printer itusendiri) –Kondisi ini juga tidak memperbaiki error sepenuhnya namun perlu dicoba berulang kali sebelum ke service centre.

Itu saja untuk saat ini teman-teman. Saya harap artikel ini membantu kalian untuk memperbaiki error tidak bisa ngeprint untuk printer Epson Lx-300 di tempat kerja kalian.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Printer Epson LX 310 Tidak Bisa Ngeprint Pasti Berhasil"