Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Cara Menggunakan Paint Remover Pada Tembok Pasti Berhasil

Dfixed.com - 3+ Cara Menggunakan Paint Remover Pada Tembok Pasti Berhasil. Bagi anda yang saat ini ingin membersihkan cat tembok yang mengelupas, maka perlu simak artikel ini. Mengikis, mengelupas, atau membersihkan cat lama dari tembok atau dinding yang hendak dicat merupakan syarat mutlak demi mendapatkan hasil pengecatan yang memuaskan plus tahan lama. Untuk tujuan ini, penggunaan paint remover menjadi salah satu cara yang lazim dipilih. Akan tetapi, ada beberapa cara menggunakan paint remover pada tembok yang ingin dicat ulang masih belum banyak dipahami. 

3-cara-menggunakan-paint-remover-pada-tembok-pasti-berhasil

Bukan hanya penggunaan paint remover, tetapi beberapa cara lain dalam membersihkan tembok dari lapisan cat lama pun sering disepelekan. Terkait penggunaan paint remover, ada beberapa hal yang mutlak untuk diperhatikan. Untuk itu, berikut akan dibahas apa saja perlengkapan yang perlu disiapkan dan bagaimana langkah-langkah penggunaannya.


Cara Menggunakan Paint Remover pada Tembok Secara Praktis dan Benar

Ada beberapa perlengkapan yang wajib ada sebelum melangkah ke 3 cara menggunakan paint remover pada tembok. Simak diantaranya;

1. Siapkan Alat dan bahan

Mengawali 3 cara menggunakan paint remover pada tembok, siapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan yang akan digunakan untuk membersihkan cat dengan paint remover. Bahan yang harus disiapkan tentu saja paint remover, lalu deterjen, dan air. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan adalah spon, kuas, ember, scruber, gayung, koran bekas, dan tangga untuk menggapai tembok bagian atas. 

2. Pengaplikasian Paint Remover

Tahap kedua dari 3 cara menggunakan paint remover pada tembok yang ingin dikelupas untuk pengecatan ulang adalah pengaplikasian paint remover, yakni

Oleskan atau sebarkan cairan paint remover pada tembok secara merata. Lakukan langkah awal ini secara cermat dan bertahap pada setiap bagian tembok yang inign dibersihkan dari cat sebelumnya (untuk pengaplikasian paint remover, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan karena cairan ini sifatnya korosif dan bisa menimbulkan rasa gatal yang sangat menganggu bila mengenai kulit)

Setelah cairan paint remover dioleskan secara merata pada tembok, tunggu kira-kira sekitar 3 - 5 menit (lamanya waktu menunggu tergantung seberapa lama cat tembok mulai terlihat menggelembung)

3. Lakukan Pengikisan

Tahap berikutnya setelah pengaplikasian paint remover adalah pengikisan cat, yakni:

Kikis atau kelupas cat-cat yang nampak telah menggelembung dan terlepas (untuk pengelupasan lakukan dengan alat bantu berupa scrub dan jangan lupa ditekan hingga ke dasar cat sebelumnya)

4. Bersihkan sisa-sisa paint remover pada tembok dengan menggunakan air

Tunggu hingga tembok mengering atau dapat juga mengeringkannya menggunakan kain yang kering dan mampu menyerap basah. Setelah tembok dipastikan mengering, mulai lakukan pengamplasan. Gunakan kain untuk membersihkan debu yang tersisa dari hasil pengamplasan


Beberapa Masalah Terkait Cat pada Tembok

Melengkapi ulasan seputar 3 cara menggunakan paint remover pada tembok yang benar, ada beberapa masalah terkait cat pada tembok yang sering ditemui. Beberapa masalah inilah yang membuat tembok memerlukan pengecatan ulang, diantaranya:

1. Cat Terkelupas

Terkelupasnya cat pada tembok dapat dikarenakan beberapa hal. Penyebab pertama adlah karena lapisan pelamir yang kurang sempurna saat dikerjakan. Penyebab lainnya adalah karena tingkat kandungan minyak dan kelembaban pada tembok yang berlebihan sehingga membuat cat susah menempel. 

2. Cat Menggelembung

Penyebab cat menggelembung adalah dikarenakan cat sebelumnya diaplikasikan secara terburu-buru ketika lapisan pelamirnya belum kering secara sempurna. 

3. Pengapuran Cat 

Seringkali ditemukan kondisi dimana cat mengalami pengapuran. Hal ini disebabkan cat yang digunakan tak memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca atau terpaan sinar matahari. Kekeliruan lainnya adalah penggunaan cat yang seharusnya ditujukan untuk penggunaan eksterior namun digunakan untuk cat interior. 

4. Cat Mengkristal

Pengkristalan ini terjadi karena terjadinya proses alkali dengan kandungan garam, dimana proses tersebut akhirnya menjalar ke berbagai arah pada permukaan cat di tembok. Proses alkali ini akan semakin cepat terjadi bila lingkungan di sekitar dinding memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.


Penutup

Berbagai penyebab rusaknya lapisan cat pada tembok diatas pada akhirnya membuat pengecatan ulang menjadi solusi akhir yang harus dilakukan. Penggunaan paint remover sebagai satu cara ampuh untuk mengelupas lapisan cat lama akhirnya sangat membantu. Oleh karenanya, ada beberapa cara menggunakan paint remover pada tembok yang benar harus dikuasai. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "3+ Cara Menggunakan Paint Remover Pada Tembok Pasti Berhasil"