Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Cara Mengecat Ulang Tembok Yang Mengelupas Terbukti Berhasil

Dfixed.com - 3+ Cara Mengecat Ulang Tembok Yang Mengelupas Terbukti Berhasil. Cara mengecat ulang tembok yang mengelupas penting untuk diketahui bila hendak memperbaharui warna cat tembok. Cat pada dinding memang begitu besar pengaruhnya bagi keindahan suatu bangunan. Ada banyak hal yang membuat terkelupasnya cat pada dinding. Misalnya saja dikarenakan kurangnya persiapan pada permukaan tembok saat pengecatan sebelumnya dilakukan, bisa juga dikarenakan faktor kelembaban yang membuat rembesan pada tembok dimana cat tersebut menempel. 

3-cara-mengecat-ulang-tembok-yang-mengelupas-terbukti-berhasil

Melakukan pengecatan ulang adalah solusi yang paling sering dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi untuk melakukannya, dibutuhkan ekstra ketelitian dan kehati-hatian. Berbagai hal harus diperhatikan seperti cat yang akan digunakan, cuaca, kondisi dari tembok yang akan dicat ulang, dan lain sebagainya. 


Panduan Mengecat Ulang Tembok Yang Mengelupas Dengan Mudah

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan diterapkan untuk melakukan pengecatan ulang pada tembok. Berikut adalah 3 cara mengecat ulang tembok yang mengelupas, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Alas dan Kikis Cat yang Terkelupas dari Tembok 

Sebagai persiapan awal sebelum melakukan pengecatan, pasang alas di sekitar tembok yang akan dicat. Bahan yang dapat dijadikan alas dapat berupa koran bekas atau terpal termasuk kain-kain yang tidak dipergunakan lagi. Siapkan juga kain basah untuk digunakan membersihkan cat yang jatuh berceceran saat melakukan proses pengecatan. 

Tahapan berikutnya dari 3 cara mengecat ulang tembok yang mengelupas adalah mengikis dan membersihkan tembok dari cat-cat yang terkelupas. Langkah ini dilakukan agar hasil pengecatan yang akan dilakukan bisa awet untuk jangka waktu yang lama. Hindari melakukan penumpukan cat pada lapisan lama dengan lapisan yang baru karena hal ini justru akan membuat hasil pengecatan yang baru lebih mudah terkelupas. 

2. Perbaiki Tembok Sebelum Dicat

Setelah memastikan bahwa tembok telah bersih dari cat-cat sebelumnya yang terkelupas, maka lanjutkan dengan memperbaiki tembok yang berlubang dan retak. Untuk itu, diperlukan bahan tambahan untuk menambal atau meratakan bagian tembok yang berlubang atau retak tersebut. Setelah melakukan penambalan, tunggu beberapa saat hingga tambalan tersebut benar-benar mengering dan mengeras. 

3. Siapkan Cat untuk Proses Pengecatan

Langkah selanjutnya dari 3 cara mengecat ulang tembok yang mengelupas adalah menyiapkan cat. Sebelumnya pilih cat dengan kualitas yang baik dan mampu bertahan lama. Menyiapkan cat disini termasuk mencampurkan cat yang telah dipilih dengan air. Komposisi campurannya kurang lebih adalah:


- Campurkan air sebanyak 15 - 20 persen dari kuantitas cat yang telah disiapkan.

- Aduk dengan menggunakan pengaduk (bisa berupa potongan kayu yang telah dibersihkan).

- Aduk hingga tercampur sempurna dan cek konsistensinya.

- Setelah konsistensi sudah pas dan tak terlalu kental, tuangkan cat pada wadah yang telah disiapkan sebelumnya .


Langkah selanjutnya dari 3 cara mengecat ulang tembok yang mengelupas adalah pengecatan atau pemolesan cat pada dinding. Proses pengecatan ini terdiri dari dua tahap, yakni pengecatan dasar dan pengecatan lapisan kedua. Hal ini dilakukan guna memperoleh hasil pengecatan yang memuaskan. Setelah melakukan pengecatan pertama sebagai dasar lapisan kedua, diamkan terlebih dahulu hasil pengecatan kurang lebih selama 15-20 menit.

Untuk lebih menjamin hasil yang lebih memuaskan, biarkan hasil pengecatan dasar sampai benar-benar kering. Setelah dirasa cukup kering, lanjutkan dengan pengecatan untuk lapisan kedua. Pastikan pola pemolesan atau pengaplikasian cat tersebut sama antara pengecatan pertama (dasar) dan pengecatan kedua (lapisan kedua). 


Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa cara mengecat ulang tembok yang mengelupas dengan mudah dan cepat. Cukup mudah sekali bukan? Apabila langkah-langkah tersebut diikuti dan diterapkan secara tepat, maka hasil pengecatan dipastikan akan sangat memuaskan, dan yang terpenting adalah hasil pengecatan akan bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Posting Komentar untuk "3+ Cara Mengecat Ulang Tembok Yang Mengelupas Terbukti Berhasil"