Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Cara Cloning HDD ke SSD dengan Macrium Reflect Dijamin Berhasil

Dfixed.com - 3+ Cara Cloning HDD ke SSD dengan Macrium Reflect Dijamin Berhasil. Dijaman sekarang banyak hal yang bisa kita ketahui tentang teknologi salah satunya tentang hardisk, utamanya bagi pengguna laptop atau PC yang ingin beralih media penyimpanan. Saat ini, kebanyakan laptop atau PC sudah menggunakan penyimpanan solid-state drive (SSD), yang dinilai lebih cepat daripada Hard disk drives (HDD).

3-cara-cloning-hdd-ke-ssd-dengan-macrium-reflect-dijamin-berhasil

Pemindahan PC OS Windows dari HDD ke SSD maupun sebaliknya, sangat bisa untuk Anda lakukan. Hanya saja, Anda tidak dapat sembarang menyalin langsung data karena sistemnya tidak akan berjalan. Maka, ada beberapa tahapan yang harus dilalui terkait cara cloning hdd ke ssd dengan macrium reflect dengan mudah terbukti berhasil berikut ini : 

1. Download Macrium Reflect 7

Umumnya ketika melakukan cloning HDD ke SSD, peel bantuan aplikasi atau software, seperti Macrium Reflect 7. Sebelum melakukan cara cloning hdd ke ssd dengan macrium reflect 7, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut:

- Unduh aplikasi di Web Macrium dan pasang.

- Kemudian backup data penting terlebih dahulu.

- Sebelum memulai, sebaiknya Anda pastikan SSD sudah terpasang, untuk memeriksanya pada keyboard tekan Windows + R nantinya akan muncul menu Run lalu masukan perintah diskmgmt.msc dan Enter.

- Jangan lupa periksa tipe partisi SSD atau HDD lama lantaran harus satu tipe. Contohnya Hard disk lama memiliki tipe partisi MBR, maka SSD baru yang akan dipindahkan harus tipe MBR juga.


2. Tahapan Cloning HDD ke SSD

- Setelah cara cloning hdd ke ssd dengan macrium reflect 7 berhasil dilakukan, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan kloning data.

- Buka aplikasi Macrium Reflect 7 yang sudah dipasang, kemudian Anda klik disk yang ada sistem operasi, lalu klik Clone disk this.

- Di bagian menu Destination, Anda klik Select a disk to clone to, selanjutnya tentukan destinasi yang akan dipindahkan, pilih Adata SX8200 250GB guna memindahkan OS ke SSD.

- Berikutnya drag semua partisi yang berlogo Windows ke bawah.

- Anda dapat mengatur seberapa besar ukuran penyimpanannya dengan memilih Cloned Partition Properties.

- Apabila ukuran SSD tidak terlalu besar, untuk menggunakan semua space klik pada Maximum Size sampai tidak ada slot unallocated.

- Namun, bila ingin membagi penyimpanan Anda tinggal atur saja, sehingga slot unallocated dapat digunakan untuk partisi baru. Apabila sudah diatur Anda klik OK.

- Jika semuanya telah diatur, lalu Anda klik Next.

- Pilih Next pada Schedule serta Clone Summary.

- Kemudian lakukan  Backup Save Options, hapus centang pada “Save backup and schedules as an XML Backup Definition File”, apabila Anda tidak ingin menyimpan backup XML File.

- Setelah itu, klik OK untuk segera memulai proses kloning. Lama proses kloning bergantung ukuran file yang akan dipindahkan.

- Jika proses kloning selesai dilakukan, biasanya partisi baru dari SSD tampil di File Explorer yang berisikan file sistem.

- Jangan lupa untuk mengubah booting priority dari HDD ke SSD di BIOS. Untuk bisa masuk BIOS, restart PC Anda lalu saat blank hitam tekan F2, F12 atau Delete (setiap motherboard berbeda-beda).

- Setelah masuk BIOS, Anda masuk ke menu Boot, lalu cari pengaturan Boot Priority.

- Berikutnya Anda pindahkan SSD ke urutan pertama dan Harddisk lama dapat dipindahkan ke urutan bawah.

- Tahap akhir cara cloning hdd ke ssd dengan macrium reflect 7 yakni simpan pengaturan BIOS tadi, lalu restart.

- Bila berhasil, nantinya akan otomatis restart kemudian masuk ke Homescreen.


3. Video Cloning HDD Ke SSD Macrium Reflect

Bila Anda masih belum memahami cara cloning hdd ke ssd dengan tutorial di atas, Anda bisa melihat video cara cloning hdd ke ssd dengan macrium reflect yang sejalan dengan 2 tutorial yang telah kami sampaikan.


Penutup

Demikian cara cloning hdd ke ssd dengan macrium reflect  dengan mudah dan dijamin berhasil. Pastikan jika ingin menghapus sistem lama dan system reserved, lakukanlah usai proses cloning selesai. Anda bisa melakukan sendiri dirumah dengan mengikuti panduan diatas dengan mudah.

Posting Komentar untuk "3+ Cara Cloning HDD ke SSD dengan Macrium Reflect Dijamin Berhasil"