Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Memperbaiki Charger HP Yang Tidak Mengisi Terbukti Berhasil

Dfixed.com - 5+ Cara Memperbaiki Charger HP Yang Tidak Mengisi Terbukti Berhasil. Charger HP adalah salah satu komponen ponsel yang sangat penting dimiliki oleh semua pemilik smartphone. Pasalnya, dengan charger HP maka ponsel bisa terus terisi dan digunakan semaksimal mungkin. Kendati demikian, charger HP juga sering kali tak luput dari permasalahan, seperti tidak mengisi. Jika seperti itu, maka penting untuk mengetahui cara memperbaiki charger HP yang tidak mengisi dengan mudah dijamin 100% berhasil.

5-cara-memperbaiki-charger-hp-yang-tidak-mengisi-terbukti-berhasil

Charger HP yang rusak tentu menyulitkan Anda saat ingin mengisi daya. Terlebih jika ponsel tersebut sudah dalam kondisi mati karena kehabisan baterai dan tak ada charger lain. Oleh sebab itulah penting untuk mengetahui bagaimana cara agar bisa memperbaiki charger HP yang tak mengisi dengan mudah. Dengan begitu, charger HP bisa kembali seperti sedia kala dan mengisi daya baterai ponsel sampai penuh.


Cara Memperbaiki Charger HP yang Tidak Mengisi dengan Mudah

Sejatinya banyak cara memperbaiki charger HP yang tidak mengisi dengan mudah agar charger tersebut bisa kembali seperti sedia kala. Cara ini penting untuk Anda ketahui sehingga bisa mengatasi masalah charger yang tidak mengisi karena ada kerusakan. Dengan begitu, Anda tak perlu membeli charger HP baru atau membawanya ke tukang service. Untuk cara selengkapnya silahkan Anda simak informasinya di bawah ini.

1. Membersihkan Ujung Kabel Charger

Pertama dalam cara memperbaiki charger HP yang tidak mengisi adalah dengan membersihkan bagian ujung kabel charger tersebut. Sering kali pengguna smartphone menggunakan kabel data yang tidak ori alias original pada bagian charger HP-nya. Hal ini menyebabkan bagian ujung kabel mudah kotor dan membuat aliran listrik terhambat masuk ke dalam smartphone. Oleh sebab itulah, pastikan ujung kabel charger bersih ketika memakainya.

2. Mendinginkan Ponsel

Masalah charger HP yang tidak mengisi smartphone tak hanya terletak pada charger tersebut. Sebab sering kali smartphone yang terlalu panas membuat daya listrik lama sampai tidak tersambung ke ponsel. Untuk mengatasinya, Anda bisa mendinginkan ponsel yang digunakan terlebih dahulu sebelum menggunakan charger. Matikan ponsel supaya proses pendinginan ponsel bisa lebih cepat dan semaksimal mungkin.

3. Mencari Sumber Listrik yang Lain

Alternatif dalam cara memperbaiki charger HP yang tidak mengisi berikutnya yaitu bisa dengan mencari sumber listrik yang lain. Anda dapat memeriksa bagian stop kontak untuk memastikan tak ada kerusakan pada bagian tersebut. Apabila tidak memberikan hasil, Anda bisa coba untuk mencari sumber listrik lain atau pindah tempat. Ada baiknya Anda melakukan pengecasan pada sumber listrik yang memiliki daya besar dan relatif stabil.

4. Bersihkan Port USB

Anda juga perlu membersihkan charging port USB dari debu yang menempel. Pasalnya debu yang menempel sampai mengumpul bisa menyebabkan colokan charger tidak terpasang dengan pas dan membuat baterai tidak terisi. Anda dapat meniup bagian port pengisian daya yang terpasang di smartphone agar bisa membersihkannya. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan debu memakai benda berukuran kecil namun dapat menjangkau portnya.

5. Memeriksa Adaptor

Tak jarang lantaran salah penggunaan, arus dari power adaptor tidak bekerja semaksimal mungkin. Kondisi seperti itu juga dapat menyebabkan baterai ponsel tak terisi sampai penuh. Karena itulah, dalam cara memperbaiki charger HP yang tidak mengisi berikutnya Anda bisa memeriksa adaptor dan menggantinya jika perlu.


Akhir Kata

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai beberapa cara memperbaiki charger HP yang tidak mengisi dan bisa terapkan sekarang juga. Dengan cara-cara di atas, besar kemungkinan charger smartphone Anda bisa kembali optimal dan tidak mengalami kendala.

Posting Komentar untuk "5+ Cara Memperbaiki Charger HP Yang Tidak Mengisi Terbukti Berhasil"