Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi dan Menambah Freon AC Rumah Sendiri Dijamin 100% Benar

Dfixed.com - Cara Mengisi dan Menambah Freon AC Rumah Sendiri Dijamin 100% Benar. Saat ini banyak orang yang memasang AC di dalam rumah untuk memberikan rasa sejuk dan segar. Namun seringkali AC di dalam rumah juga mengalami masalah berupa tidak dingin. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka sebenarnya yang terjadi adalah jumlah freon kurang atau habis. Oleh sebab itulah, penting untuk penghuni rumah atau Anda mengetahui bagaimana cara mengisi dan menambah freon AC rumah sendiri dengan mudah dan cepat dijamin berhasil.

cara-mengisi-dan-menambah-freon-ac-rumah-sendiri-dengan-benar

Dengan mengetahui cara mengisi serta menambah freon AC di rumah sendiri, maka Anda bisa lebih menghemat pengeluaran lantaran tak perlu memanggil ahli AC. Sebagai informasi, pengisian freon AC perlu dilakukan setidaknya selama 6 bulan satu kali. Hal ini memungkinkan Anda mendapat performa pendingin AC lebih maksimal. Bagi Anda yang belum tahu cara mengisi freon AC rumah sendiri bisa simak informasinya di bawah ini.


Cara Mengisi dan Menambah Freon AC Rumah Sendiri Dengan Mudah

Untuk cara mengisi dan menambah freon AC rumah sendiri sejatinya sangat mudah, Anda hanya perlu mengetahui jumlah takaran freon yang akan dimasukkan ke dalam kompresor AC. Kemudian cari tahun juga cara membaca manifold, yaitu alat ukuran tekanan freon yang berguna ketika pengisian berjalan. Terakhir, jangan lupa mempersiapkan peralatan yang diperlukan agar bisa mengisi freon. Alat yang diperlukan untuk mengisi dan menambah freon AC yaitu:

- Kunci pas satu set

- Kunci inggris 10 dan 12 inci

- Manifold

- Freon sesuai tipe AC

- Satu set obeng

- Tang ampere

- Flaring


Berikut beberapa panduan cara mengisi dan menambah freon AC rumah sendiri yang benar dijamin yang bisa kita terapkan dengan musah, simak dibawah ini:

- Pertama silahkan hidupkan AC yang diisi, lalu buka penutup service valve di pipa besar menggunakan kunci pas atau kunci inggris.

- Kemudian pasangkan selang manifold berwarna biru pada service valve, hubungkan selang berwarna kuning ke tabung freon.

- Posisikan service valve di kiri, dan tabung berada di bagian tengah manifold. Harap pastikan semua kran manifold dalam kondisi tertutup.

- Periksa tekanan freon, kalau tak ada tekanan mungkin ada kebocoran pada sistem AC yang perlu Anda ketahui.

- Lanjutkan cara mengisi dan menambah freon AC rumah sendiri dengan mengusap air sabun menggunakan kuas kecil di permukaan AC. Lihat apakah ada gelembung sabun di area tersebut atau tidak.

- Atasi kebocoran AC dengan las, namun Anda perlu membuang sisa freon di dalam AC.

- Sesudah dilas, mesin AC perlu di vacuum hingga 30”.

- Kemudian hubungkan lagi selang manifold berwarna biru pada bagian pentil pengisian freon. Sedangkan selang berwarna kuning hubungkan pada tabung freon.

- Setelah itu, buka penutup kran nempel berukuran 3/8 dan silahkan masukkan kunci L di keran. Anda bisa memutar ke arah kanan supaya dapat terbuka.

- Nyalakan AC split dan lepaskan selang manifold yang berwarna biru. Harap pastikan apakah ada angin yang keluar dari selang berwarna biru atau justru tidak.

- Jika angin berhenti, pasangkan selang biru di manifold dan putar ke arah kiri sampai kencang.

- Isi freon tersebut dengan memutar kran manifold berwarna biru ke arah kiri. Anda perlu memperhatikan jarum indikator di alat ukur agar mengetahui kapasitas taung.

- Memasukan freon sedikit demi sedikit agar dapat mencegah kerusakan di bagian klep kompresor

- Jika sudah selesai, tutup kembali kran di tabung seperti sedia kala. Lepaskan selang manifold yang awalnya terpasang pada AC.


Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan mengenai beberapa cara mengisi dan menambah freon AC rumah sendiri dengan benar dan cepat yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Dengan cara tersebut, kini AC di rumah Anda kembali dingin tanpa perlu memanggil jasa service.

Posting Komentar untuk "Cara Mengisi dan Menambah Freon AC Rumah Sendiri Dijamin 100% Benar"