Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Cara Mengatasi Dinamo Kipas Angin Panas Dijamin 100% Ampuh

Dfixed.com - 3+ Cara Mengatasi Dinamo Kipas Angin Panas Dijamin 100% Ampuh. Kipas angin sudah menjadi salah satu benda yang kerap kali dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia. Sebab dengan kipas angin, ruangan yang tadinya terasa panas bisa menjadi dingin. Di dalam kipas angin, banyak sekali komponen yang menggerakan benda tersebut, salah satunya adalah dinamo. Namun dinamo sering kali mengalami masalah seperti menjadi panas. 

3-cara-mengatasi-dinamo-kipas-angin-panas-dijamin-100-ampuh

Pasalnya, jika dinamo kipas angin yang panas tidak dilakukan perbaikan, bukan tak mungkin komponen tersebut menyebabkan masalah besar terhadap kipas anginnya. Bahkan kerusakan paling parah yang terjadi pada dinamo adalah keluar asap dan terbakar. Oleh karena itulah, para pemilik kipas angin perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi dinamo kipas angin yang panas sehingga benda tersebut bisa berguna sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi dinamo kipas angin panas dengan mudah tebukti berhasil.


Cara Mengatasi Dinamo Kipas Angin Panas Dengan Mudah

Sebagai informasi, dinamo adalah komponen yang begitu penting dan berada dalam kipas angin. Dinamo tersebut yang nantinya menggerakan baling-baling dan membuat kipas angin bisa berputar. Apabila dinamo kipas angin mengalami kerusakan, terdapat dua kemungkinan yang dapat terjadi. Kemungkinan tersebut yaitu dinamo kipas angin menjadi panas atau kipas angin justru tidak berputar. Lalu bagaimana cara mengatasi dinamo kipas angin panas yang paling efektif? Untuk informasi selengkapnya Anda bisa simak di bawah ini:


1. Melumasi Bearing Dinamo

Perlu diketahui, penyebab dinamo kipas angin menjadi panas salah satunya karena bearing dinamo penggerak dalam kondisi seret atau kering. Hal tersebut biasanya terjadi lantaran pengguna tak pernah melumasi bearing dinamo itu menggunakan minyak pelumas. Oleh sebab itulah, bagian laher kipas angin menjadi macet dan kering. Adapun cara mengatasi dinamo kipas angin panas karena masalah tersebut sangatlah mudah.

Anda bisa melumasi bagian bearing dinamo kipas angin itu menggunakan oli pelumas. Dengan demikian, putaran bearing dalam kipas angin menjadi lancar. Namun kalau bearing tak juga berputar sesudah dilumasi dengan oli, Anda bisa mengganti bearing dinamo yang kering dengan bearing dinamo baru. Dengan demikian, bearing dinamo bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan membuat kipas angin tidak mengalami masalah.


2. Membersihkan Rumah Dinamo

Berikutnya dalam cara mengatasi dinamo kipas angin panas yaitu dengan membersihkan bagian rumah dinamo. Sebagai informasi, penyebab lain dinamo kipas angin menjadi panas yaitu ada kotoran masuk ke dalam bagian rumah dinamo. Kotoran tersebut biasanya terjebak dan membuatnya mengumpul di dalamnya. Hal itu akan mengakibatkan putaran dinamo menjadi lambat.

Sebab dinamo terganjal oleh kotoran dan membuat dinamo kipas angin berubah menjadi panas. Agar dapat mengatasinya, maka perlu dilakukan pembongkaran di bagian rumah dinamo itu lalu membersihkannya hingga seluruh kotoran terbuang dari bagian rumah dinamo. Dengan demikian, dinamo nantinya berputar normal dan tidak ada hambatan yang membuat putarannya menjadi lambat.


3. Mengganti Ukuran Kapasitor dengan yang Sesuai

Opsi terakhir dalam cara mengatasi dinamo kipas angin panas yaitu dengan mengganti ukuran kapasitor menjadi sesuai. Sebab tak jarang pengguna mengganti ukuran kapasitor menjadi lebih besar. Hal tersebut memang membuat putaran kipas semakin kencang, namun bisa menyebabkan dinamo kipas angin lebih cepat panas. Oleh karena itu, penting untuk Anda melakukan penggantian ukuran kapasitor kipas angin menjadi yang sesuai.


Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengatasi dinamo kipas angin panas dengan mudah dan pastinya berhasil yang dapat Anda lakukan sekarang juga. Dengan cara-cara tersebut besar harapan dinamo kipas angin yang awalnya panas bisa kembali berfungsi sebagaimana mestinya.

Posting Komentar untuk "3+ Cara Mengatasi Dinamo Kipas Angin Panas Dijamin 100% Ampuh"