Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Home Insurance Manfaat Dan Cara Kerja Asuransi Rumah

Home Insurance Manfaat Dan Cara Kerja Asuransi Rumah

Manfaat dan cara kerja asuransi rumah - Hampir semua orang beranggapan jika membangun sebuah rumah atau properti maka sudah membuat sebuah aset yang sangat berharga. Dan tentunya itu merupakan capaian tertinggi di saat hidup untuk memiliki rumah sendiri. Karena memang penjalanan untuk menuju kesuksesan dan juga keberhasilan dalam memiliki sebuah rumah pastinya akan memakan waktu yang cukup lama.

Oleh sebab itu, dengan melihat cukup berharga nya sebuah rumah dan juga perjuangan dan waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut. Tentu anda tidak ingin aset berharga itu mengalami hal-hal yang buruk yang bisa saja terjadi kapan pun. Tentunya anda ingin melindungi rumah sebagai aset berharga dengan cara terbaik.

Maka Pada postingan ini Dfixed akan coba membahas manfaat dari asuransi rumah dan juga beberapa perusahaan asuransi yang mampu memberikan perlindungan terbaik dari aset berharga milik anda seperti rumah dan properti.

Mengenal apa itu asuransi rumah


Asuransi rumah merupakan sebuah produk yang mampu memberikan proteksi atau perlindungan kepada rumah tinggal anda jika terjadi hal buruk seperti kebakaran, bencana alam, pencurian dan segala hal yang merugikan.
Produk asuransi rumah ini memang tidak begitu terkenal seperti hal nya asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan.

Tetapi beberapa orang paham akan pentingnya melindungi aset properti seperti rumah tentunya akan menggunakan jasa asuransi rumah ini. Karena memang dengan melindungi aset berharga seperti rumah bisa akan memberikan manfaat terbaik bagi finansial anda.

Anda bisa membanyangkan apabila terjadi musibah seperti kebakaran pada rumah tinggal anda dan menghabiskan isi prabot. Tentunya ini akan mengganggu kondisi finansial dan tidak akan ada yang mau menanggung kerugian yang anda alami.

Namun jika anda menggunakan asuransi rumah hal-hal buruk seperti itu pasti dapat dicover dengan baik dan kondisi finasial anda juga tidak akan terganggu. Untuk memahami fungsi dari asuransi rumah ada baiknya anda mengenal jenis-jenis asuransi rumah yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda.

Jika berbicara soal sebuah perlindungan, sangat wajar jika anda akan memilih sebuah layanan yang mampu memberikan kualitas perlindungan terbaik. Dan dengan cara itu pastinya juga dapat meminimalisir resiko kerugian yang terjadi yang bisa saja datang kapan saja tanpa ada ketahui. Dan untuk jasa asuransi rumahada 2 produk yang sering di tawarkan. Apa saja produk dari asuransi rumah tersebut, simak penjelasanya di bawah ini

1. Property All Risk / Industrial All Risk


Produk ini merupakan jenis asuransi kebakaran yang memiliki sifat unnamed perlis. Yang mampu memberikan jaminan dan perlindungan dari segala resiko yang terjadi pada harta benda, namun ada resiko yang tidak bisa di tanggung oleh jenis asuransi rumahProperty All Risk / Industrial All Risk seperti halnya:
Perang, terorisme, nuklir dan radioaktif; keterlambatan, kehilangan pangsa pasar atau gangguan usaha, kesengajaan, ketidakjujuran karyawan,kerusakan mekanik dan boiler, aus, korosi, sifat barang itu sendiri, polusi atau kontaminasi.
Jenis-jenis layanan Asuransi Property All Risks (PAR), meliputi:
Jaminan untuk kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat dan huru hara. Jaminan untuk angin topan, badai, banjir dan kerusakan akibat air. Jaminan untuk gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami. Jaminan untuk tanah longsor dan pergerakan tanah.

Dan pada dasarnya, asuransi Properti All Risk (PAR) hanya dapat berlaku bagi bangunan non industri, seperti:Kantor, rumah tinggal, rumah sakit, sekolah dan berbagai bangunan properti lainnya.
Dan untuk jenis bangunan industri, seperti:Pabrik, gudang, mall dan toko, akan digunakan asuransi jenis Industrial All Risk (IAR)

2. Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)


Jenis asuransi ini adalah polis standart yang telah dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia ( AAUI ) dan berbentuk layanan asuransi kebakaran. Untuk manfaat dari jenis produk asuransi proeperti ini mampu memberikan perlindungan pada harta benda dan kepentingan yang telah ditanggungkan secara langsung yang disebabkan oleh: kebakaran, ledakan, petir, asap dan juga kejatuhan pesawat terbang.

Baca Juga: Perbedaan Dan Manfaat Asuransi Jiwa Dan Asuransi Unit Link

Bagaimana sih cara Kerja Asuransi Rumah
Bagi anda yang ingin membeli produk asuransi rumah harus mengetahui cara kerja dari asuransi rumah itu. Seperti halnya premi yang harus dibayar, ganti rugi yang bisa anda terima dan juga proses untuk mengajukan klaim nya. Semua itu harus anda pahami sebelum membeli sebuah produk asuransi rumah. Karena untuk setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda-beda.

Sebagai contoh : Pak Amat mempunyai bangunan rumah dengan luas bangunan 200 meter persegi, dengan nilai pertanggungan rumah sebesar Rp 1.000.000.000.
Untuk nilai pertanggungan bisa didapatkan dengan cara , menjumlahkan:
Menghitung biaya pembangunan kembaliAset yang didaftarkan pada asuransi rumah.

Contoh : Untuk biaya pembangunan = 200 meter persegi x Rp 4.000.000 per meter = Rp 800.000.000
Aset yang didaftarkan = Rp 200.000.000
Total = Rp 800.000.000 + Rp 200.000.000 = Rp 1.000.000.000

Setelah diketahui nilai pertanggungan, maka akan di hasilkan harga premi yang harus anda bayarkan = rate premi asuransi rumah X uang pertanggungan

Sebagai Contoh : Rate premi asuransi = 0,15%
Uang pertanggungan Rp 1.000.000.000
Premi asuransi = 0,15% x Rp 1.000.000.000 = Rp 1.500.000 per tahun.


Tentunya rate premi yang harus dibayarkan bisa berbeda-beda sesuai kebijakan dari perusahaan asuransi, bergantung pada penggunaan bangunan, kota, lokasi dan hal lainnya. Maka sebaiknya hitung dahulu sebelum membeli sebuah produk asuransi, sehingga anda tidak kehilangan keuntungan yang di inginkan.

Berikut ini adalah 5 daftar perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya

Astralife
Situs : https://astralife.co.id 

Prudential
Situs : https://prudential.co.id

Aia-Financial
Situs : https://www.aia-financial.co.id/id/index.html

Axa
Situs : https://axa.co.id

Allianz
Situs : https://allianz.co.id
 

5 daftar perusahaan asuransi diatas sudah cukup terpercaya di indonesia dalam memberikan proteksidan layanan terbaik. Anda bisa mencoba kunjungi link situs dari perusahaan di atas untuk melihat dan memahami produk asuransi rumah yang akan anda beli.

Posting Komentar untuk "Home Insurance Manfaat Dan Cara Kerja Asuransi Rumah"