Solusi Kerusakan Samsung Galaxy J4 J400F Pengisian Dijeda

Samsung Galaxy J4 J400F Pengisian dijeda atau terhenti – masalah kerusakan pada sebuah ponsel memanglah cukup beragam. Apalagi masalah kerusakan tersebut pada bagian pengecasan baterai maka pastinya akan sangat menganggu  di saat baterai ponsel agan/sis mulai habis. Karena berdampak pada ponsel yang tidak dapat dilakukan pengisian daya.

Kerusakan pada pengisian dijeda atau terhenti di smartphone Samsung Galaxy J4 bisa saja di sebakan oleh cairan yang masuk ke sela-sela lobang port pengecasan dan membuat kondisi port USB charger menjadi berkarat dan korosi. Atau bisa saja masalah pada baterai yang di gunakan, karena umur pakai yang sudah lama dan meyebabkan munculnya kerusakan pada pegisian daya pada ponsel Samsung tadi.

Dan kemungkinan terakhir adalah terdapat masalah pada komponen internal yang terdapat pada mainboard android Samsung Galaxy J4 J400F.

Dibawah ini ada terdapat pesan notifikasi yang biasanya muncul jika terdapat masalah pada proses pengecasan baterai pada ponsel Samsung Galaxy

  • Samsung J4 J400F Pengisian Berhenti.
  • Samsung J4 J400F Suhu Baterai Terlalu Rendah.
  • Samsung J4 J400F Suhu Baterai Terlalu Tinggi.
  • Samsung J4 J400F memanas selama pengisian daya.
Tidak ada respons saat ponsel di lakukan pengisian daya.  

Untuk menyelesikan masalah kerusakan Samsung Galaxy J4 J400F Pengisian Dijeda, dibawah ini akan di berikan 4 langkah perbaikan yang bisa dilakukan

1. Ganti kabel dan kepala charger
Coba lakukan pergantian pada kabel dan juga kepala charger yang selama ini anda gunakan. Mungkin saja sumber masalah berasal dari situ. Atau agan/sis bisa meminjam dulu kabel cas milik teman atau anggota keluarga untuk memastikan sumber masalah kerusakan pengisian daya di jedah pada ponsel Samsung milik agan/sis.

2. Ganti baterai

Kerusakan pengisan daya baterai dijeda atau terhenti bisa juga di sebabkan oleh kondisi baterai yang digunakan mulai rusak. Untuk memastikan nya coba lah mengganti baterai dengan kualitas lebih baik. Selanjutnya uji kembali apakah notifikasi " pengisian daya baterai dijeda" masih tetap muncul. Ini merupakan langkah analisa sederhana sebelum agan/sis memeriksa kerusakan lebih mendetail pada bagian internal dan juga motherboard ponsel.

Solusi kerusakan pengisian daya baterai djeda dengan melakukan pemeriksaan pada komponen internal

3. Ganti konektor USB charger
Jika masalah pengisian baterai pada ponsel Samsung muncul akibat ponsel yang terkena air. Maka langkah perbaikan yang bisa dilakukan adalah memeriksa seluruh kondisi papan PCB dan lakukan pembersihan jika di temukan sisa air yang masuk ke bagian komponen internal dan juga konektor charger.

Jika terlihat kondisi konektor cas mengalami korosi atau terbakar. Maka dianjurkan untuk segera mengganti nya dengan part yang baru. Setelah pemasangan konektor USB charger selesi, maka lakukan uji fungsi pengecasan baterai apakah sudah berjalan normal atau tidak.

Jika masalah terselesaikan, selanjutnya rakit kembali semua bagian ponsel ke posisi semula. Dan ponsel siap digunankan kembali.

Baca Juga: Memperbaiki Samsung Galaxy J2 Prime Suara Media Tidak Ada

4. Ganti komponen thermistor

Jika langkah ke 3 tetap saja belum memberikan hasil terbaik. Maka lanjutkan untuk memeriksa pada komponen internal yang terdapat pada handphone Samsung Galaxy J4. Pada gambar diagram dibawah ini Dfixed memberikan sebuah solusi perbaikan dari masalah pengisian daya baterai dijeda.
Solusi Kerusakan Samsung Galaxy J4 J400F Pengisian Dijeda
Lakukan pergantian pada komponen thermistor, agan/sis bisa mendapatkan komponen pengganti dari mainboar smartphone Samsung lainya yang sudah tidak terpakai. Dan tetap di perlukan sebuah gambar sekema untuk dapat menentukan letak komponen thermistor tersebut.

Itulah 4 langkah perbaikan pada Samsung GalaxyJ4 J400F pengisian daya baterai dijeda. Semoga tutorial perbaikan handphone ini bisa bermanfaat bagi agan/sis semua. Thanks.

Post a comment

0 Comments